Rabu, 06 Februari 2013

Menampilkan Widget hanya di Halaman Tertentu

Seperti kita tahu bersama, ada bermacam-macam widget yang dapat dipasang pada sebuah blog, mulai dari macam, fungsi, dan bentuknya yang sangat beragam. Semua tergantung selera dan kebutuhan sang blogger untuk memilih widget mana yang sesuai dan dibutuhkan untuk mendukung perkembangan blog yang dikelolanya.


Tentu tidak mungkin kita akan memasang seluruh widget yang ada, karena selain akan memberatkan loading blog, penempatannya pun akan sulit hingga membuat widget menjadi berdesakan pada sidebar yang selanjutnya pasti akan mengganggu tampilan blog.

Sebagai solusinya mungkin kita bisa menempatkan widget sesuai dengan fungsinya. Misalnya, widget like and share mungkin kurang optimal jika ditempatkan pada homepage, tetapi akan sangat berguna bagi pengunjung dan perkembangan blog yang bersangkutan jika dipasang hanya pada halaman postingan saja, karena objek utama widget like and share bukan homepage, tetapi postingan atau artikelnya.

Untuk itulah kali ini saya akan share bagaimana cara menampilkan widget hanya di halaman tertentu saja dengan menambahkan conditional tags pada widget yang akan diberikan perintah untuk tampil dihalaman tertentu dan tidak akan muncul di halaman yang lain. Tujuannya jelas, agar pemasangan widget dapat sesuai dengan fungsi dan kegunaannya.

  1. Login dulu ke Blogger menggunakan account Anda.
  2. Pilih Tata Letak, lalu klik Edit HTML dan sebelumnya Anda centang Expand Widget Templates.
  3. Lalu cari kode dibawah ini!
<b:widget id='HTML1' locked='false' title='ARTIKEL MENARIK LAINNYA' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<b:includable id='main'><b:if cond='data:blog.pageType == "index"'><!-- only display title if it's non-empty --> <b:if cond='data:title != &quot;&quot;'> <h2 class='title'><data:title/></h2> </b:if> <div class='widget-content'> <data:content/> </div></b:if><b:include name='quickedit'/> </b:includable> </b:widget>

NB:
Kata 'ARTIKEL MENARIK LAINNYA' yang bercetak tebal di atas menandakan title sidebar Anda, jadi harus disesuaikan

Jika Anda ingin menampilkan Artikel Menarik Lainnya ataupun yang lainnya pada halaman depan saja maka tambahkan kode bercetak tebal berwarna hijau di atas.


  • Untuk menampilkan widget pada homepage/halaman depan saja.
<b:if cond='data:blog.pageType == "index"'>

  • Untuk menampilkan widget pada halaman archive saja. 
<b:if cond='data:blog.pageType == "archive"'>

  • Untuk menampilkan widget pada halaman artikel saja.
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>

  • Hanya menampilkan widget pada halaman tertentu saja. Ubah [masukkan URL] dengan halaman pada blog Anda yangg widget yang Anda inginkan muncul.
<b:if cond="[masukkan URL]" == data:blog.url'>

  1. Selain tag-tag di atas, kita juga dapat menampilan kebalikannya. Caranya mudah, cuma ubah tanda = (sama dengan) yang pertama dengan tanda ! (seru). Misalnya, saya ingin menampilkan widget pada halaman selain homepage, maka kode yg digunakan :
<b:if cond='data:blog.pageType != "index"'>

Selamat mencoba dan semoga berhasil.